Kamis, 03 Februari 2011

Gaun Pengantin Ibu Suri Laku Rp 51 Juta

Sebuah prototipe gaun pengantin Ibu Suri saat menikah pada 1923 laku terjual dalam sebuah lelang di Bristol. Gaun tersebut berhasil dijual dengan harga 3.500 poundsterling (Rp 51 juta).

Pakaian itu dibuat oleh perancang busana Ibu Suri, Madame Handley Seymour. Malcolm Claridge, seorang penilai di rumah lelang Dreweatts Apsley, mengaku sangat terkejut dengan bentuk gaun itu ketika pertama kali melihatnya.
"Tidak terlihat seperti gaun pernikahan kerajaan,'' kata Claridge. "Meski demikian, ini merupakan karya seni yang sangat cantik, selayaknya gaya gadis modern di era tahun 1920-an. Walau bukan gaun yang sangat memuaskan, bagaimanapun saya kira ini adalah pekerjaan yang sangat baik.''


Harga gaun ini pun terjual lima kali lipat dari estimasi awal. Hal itu tidak mengagetkan bagi Claridge. "Gaun ini berada di tempat dan waktu yang tepat,'' katanya. "Dengan ketertarikan atas keberhasilan film The King's Speech dan rencana pernikahan Kate-William, ini merupakan waktu yang tepat dan menciptakan sedikit hiruk pikuk media.''

Ibu Suri atau Elizabeth Bowes-Lyon bertunangan dengan Pangeran Albert, Duke of York, pada Januari 1923. Guna mendobrak tradisi, pernikahan mereka diputuskan terbuka untuk umum di Westminster Abbey ketimbang di sebuah kapel istana.
Keputusan ini diyakini diambil sebagai upaya untuk mengangkat semangat kenegaraan menyusul kerusakan yang luar biasa akibat Perang Besar (1914-1918). Pernikahan itu sendiri berlangsung pada 26 April.

http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/11/02/03/162116-gaun-pengantin-ibu-suri-laku-rp-51-juta
thumbnail
Judul: Gaun Pengantin Ibu Suri Laku Rp 51 Juta
Rating: 100% Reviewed by Ahmad Jamaluddin. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait unik :

0 komentar:

Posting Komentar